Kumpulan Kisah Pengusaha Kaos Distro ~ Belanja Dan Order Kaos Online

Kumpulan Kisah Pengusaha Kaos Distro


 Untuk bertahan di bisnis distro enggak mudah. Mesti kreatif jualan juga. Kini, distro enggak cuma ngejual barang dagangan di tokonya saja. Gaya belanja masa kini dengan sistem online juga dilakukan distro. Lagian, pembeli lebih suka menggunakan jasa belanja online ini.


”Sekarang kadang-kadang orang malas pergi ke toko, mendingan buka internet, terus belanja. Banyak pelanggan kami yang belanja online, baik di Jakarta atau luar daerah. Bahkan, ada yang dari luar negeri,” ungkap Public Relation PT Endorsindo Makmur Selaras Frissy Bella Apriditha alias Sissy.
PT Endorsindo mempunyai tiga toko, yaitu Bloop, Endorse, dan Urbie. Untuk setiap desain akan dibuat sebanyak 60 unit. Produk kaus dibanderol dengan harga Rp 95.000-Rp 130.000. Dalam sehari, setiap distro bisa menjual sekitar 100 kaus atau baju distro.
”Kalau modelnya lagi banyak disuka pembeli, dalam waktu satu sampai dua minggu sudah habis. Seperti kaus yang bergambar Bagus Netral, cepat sekali habisnya,” kata Sissy.
Strategi lainnya, Bloop dan Endorse juga menggandeng artis-artis untuk desain-desain baju. Selain Bagus Netral dengan kausnya yang unik, ada juga Widi Kidiw (Viera) dan Naif. Selain itu, juga ada blogger fashion Diana Rikasari yang mendesain baju-bajunya sendiri untuk dijual di distro Endorse.
Minat dengan barang-barang di distro yang tetap besar juga terbukti di Unit 67, distro yang baru buka enam bulan lalu. Distro ini menjual kaus-kaus bertema band-band underground dan mengkhususkan pada merchandise musik. Pemilik Unit 67, Bani Terasyailendra, mengungkapkan, dalam satu bulan bisa menjual 30-35 kaus.
”Bulan pertama sampai ketiga belum terlihat penjualannya, semakin lama semakin naik grafiknya. Omzet penjualan bisa sampai 80 persen. Pembelinya anak-anak muda yang memang ngefans dengan band-band aliran punk, metal,” ujar Terasyailendra.
Penjualan yang tinggi membuat stok Bani sudah habis. ”Hanya tinggal barang yang di- display saja. Kalau mereka penggemar fanatik pasti akan membeli jika ada kaus baru,” cerita dia.
Begitu pula distro yang terletak di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat. Dengan lokasi yang strategis, distro ORK 689 banyak diminati kaum muda. Barang-barang yang ditawarkan juga lebih variatif. ”Sebagian besar barang di sini buatan kami sendiri. Seperti tas, baju, dan sandal jepit merupakan kreativitas kami,” kata Heri yang menjaga ORK 689